Laman

September 12, 2015

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar

Beberapa waktu lalu saya mengalami sulit BAB (Buang Air Besar) mungkin penyebabnya kurangnya konsumsi serat dan panas dalam. Sulit buang air besar menunjukkan kondisi organ pencernaan kita sedang mengalami masalah, tentu hal ini tidak baik. Pernahkan Anda membaca artikel bahwa masalah di organ pencernaan juga dapat berpengaruh munculnya jerawat di wajah kita?  Bagi yang belum baca search aja artikelnya di mbah google, hehe. Bagi yang mengalami kesulitan buang air besar duduk berlama – lamaan di WC tentu bukan hal yang biasa, namun bagi yang masih menggunakan toilet jongkok, sebaiknya Anda jangan berlama – lamaan jongkok, karena kelamaan jongkok tidak hanya dapat membuat kaki Anda kesemutan, juga tidak baik bagi kesehatan rahim wanita, meski belum ada penelitian khusus mengenai hal itu, nasehat ibu saya biasanya benar hehe. Ketika sulit air besar biasanya kondisi perut membesar (buncit), mungkin karena makanan – makanan yang kita makan mengendap, dan apabila tidak kita keluarkan maka akan semakin menumpuk. Nah makanya agar tidak menumpuk, sistem pencernaan kita pun harus lancar. Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara memperlancar BAB,

Banyak Mengonsumsi Air Putih
Sulit buang air besar bisa saja disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh. Biasanya sebelum BAB saya minum air putih terlebih dahulu, agar BAB  lancar, namun cara ini tidak dipastikan keberhasilannya karena sistem pencernaan setiap orang berbeda – beda. Namun jangan khawatir masih ada makanan – makanan yang kaya akan serat yang dapat membantu memperlancar BAB Anda.

Mengonsumsi Sayuran
Sudah tidak diragukan lagi serat dari sayuran dapat memperlancar sistem pencernaan kita, ketika sulit buang air besar biasa ibu saya memasakkan menu makanan berikut, dan sayuran ini sangat ampuh dalam memperlancar BAB, saya sendiri sudah merasakannya.
Daun Genjer
Awalnya saya tidak tau mengenai sayuran yang satu ini, ketika dihidangkan tampilannya sekilas mirip tumis kangkung, maklum gak bisa bedain jenis sayuran hehe. Kemudian saya pun diberi tahu kalo itu sayur genjer, dan akhirnya saya searching di mbah google, ternyata daun genjer berasal dari tanaman sejenis eceng gondok, sayuran satu ini biasanya banyak di temukan di pasar tradisional, kandungan dari sayur ini sendiri terdiri dari serat tentunya yang dapat memperlancar sistem pencernaan kita, kemudian protein,kalsium, fosfor, dan zat besi. Sayuran ini dapat diolah menjadi tumisan, seperti kangkung yang saya bilang tadi.

Sayur raja

Dari namanya sendiri sangat aneh, membuat kita bertanya – tanya apakah ini raja para sayuran?  Hmmm, ketika saya mengetik sayur raja di kolom pencarian google yang muncul malah bayam, mungkin ada sebutan lain dari sayur raja yang saya tidak ketahui, jadi silahkan komen dibawah ya sebutan sayur raja ditempat kalian. Sayuran ini termasuk asing bagi saya dan pasti banyak yang belum tau juga, biasanya kalo soal sayuran, saya taunya bayam sama sawi doang. Ketika sayuran ini dimasak lagi – lagi saya mengira sayuran yang satu ini tumis kangkung. Sayur raja sendiri mengandung gizi dan serat yang sangat tinggi bagus untuk organ pencernaan kita. Dinegara tetangga seperti Singapura , Malaysia, Brunei sayuran ini sangat terkenal dan banyak dijual di pasar tradisional maupun pasar modern karena di negara - negara tersebut masyarakatnya sudah mengetahui khasiat dari tanaman hebat ini. Sedangkan di negeri kita Indonesia masih belum banyak masyarakat yang mengetahui tentang sayuran ini serta manfaatnya, sehingga walaupun sudah ada yang menjualnya di pasar, tidak banyak yang membelinya.

Mengonsumsi Buah – Buahan
Selanjutnya yaitu mengonsumsi buah – buahan, kandungan serat dan gizi dari buah – buahan berikut terbukti ampuh dapat memperlancar BAB,
Pisang
Buah pisang kaya akan kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, dan magnesium. Dengan semua kandungan nutrisi tersebut, manfaat buah pisang untuk pencernaan bukan lagi hal yang diragukan kebenarannya. Mengonsumsi pisang di pagi hari sangat bagus untuk pencernaan kita.
Pepaya
Buah yang satu ini pasti sudah banyak yang mengetahui khasiatnya yaitu untuk memperlancar BAB, pepaya mengandung enzim proteolitik yang memiliki peran penting dalam memproduksi protein di dalam tubuh manusia. Enzim papain, yang dikandung pepaya, membantu penyerapan makanan menjadi lebih baik.
Melon
Siapa sih yang gak suka melon, rasa manis dan segar dari buah ini sangat cocok dikonsumsi ketika musim panas. Kandungan air yang terkandung dalam buah melon sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Kandungan mineral dari melon dapat menghilangkan keasaman tubuh yang bisa mengganggu pencernaan, terutama pada organ lambung.
Posted by CB Blogger
Temukan Tips Updated at: 1:27 PM

No comments:

Post a Comment