Laman

September 16, 2015

Resep Donat Kentang Lembut

Panganan yang satu ini menjadi favorit semua orang terutama anak – anak, tidak terkecuali yang dewasa juga menggemarinya. Kue yang mempunyai ciri khas memiiki lubang di tengahnya ini sangat cocok dijadikan cemilan ketika sedang nyantai / duduk ngopi. Topping yang beragam menjadi daya tarik tersendiri bagi peminatnya. Bagi yang ingin mencoba membuatnya dirumah, Anda dapat mengikuti resep dibawah ini,


Bahan Donat Kentang:
- 250 gr kentang (bisa dikukus atau direbus, kemudian dihaluskan)
- 500gr Tepung Terigu
- 1 bks (11 gr) ragi instan
- 100 gr gula halus (sesuai selera, bagi yang tidak suka manis bisa dikurangi)
- 4 butir kuning telur
- 50 gr susu bubuk fullcream
- 100 ml air dingin
- 75 gr mentega
- 1/2 sdt garam
- Minyak untuk menggoreng
- Topping sesuka hati

Cara Membuat Donat Kentang:
  • Rebus / kukus kentang hingga lembut, cara mengeceknya tusuk kentang dengan menggunakan garpu, apabila garpu dapat dengan mudah menembus kentang, segera angkat dan tiriskan kentang, anda dapat menghaluskan kentang dengan alat khusus, namun bagi yang tidak memilikinya ada trik khusus agar kentang benar benar halus, ambil saringan kemudian letakkan kentang dan tekan tekan dengan menggunakan sendok. Kemudian dinginkan kentang yang dihaluskan tadi.
  • Campur kentang halus dengan kuning telur, ragi instan, gula halus aduk hingga rata, masukkan air dingin sedikit demi sedikit sambil diaduk. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk fullcream, aduk hingga setengah kalis. Kemudian masukkan mentega dan garam uleni hingga kalis dan elastis. Tutup wadah tempat menaruh adonan dengan kain bersih, diamkan adonan hingga 30 menit
  • Kemudian cetak adonan sesuai ukuran yang Anda inginkan, karena saya gak punya cetakan donat, biasanya saya menggunakan gelas, dan tutup botol untuk lobang ditengahnya. Setelah selesai mencetak semuanya, tutup lagi adonan yang sudah dicetak dengan kain serbet bersih, diamkan selama 25 menit.
  • Kemudian goreng dengan api kecil atau sedang hingga matang, angkat dan tiriskan. Anda dapat meletakkan gula halus, mentega dan ceres, atau campuran coklat dengan kacang, sesuai selera Anda.

Posted by CB Blogger
Temukan Tips Updated at: 10:38 AM

2 comments:

  1. Waaa.. ini yg saya carii.. doyan banget sama donat kentang dan kepengen bikin sendiri.. tfs ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, iyaa silahkan dicobain mbak :)
      thanks kunjungan dan komentarnya mbak :)

      Delete