Laman

September 3, 2015

Tips Merawat Gigi Agar Tidak Berlubang

Kalo ngomongin soal gigi wahh pasti banyak yang giginya pada berlubang semua, tidak perlu malu saya sendiri juga termasuk salah satunya hehe, gigi berlubang biasanya disebabkan oleh kuman yang bersarang di di gigi dan lama kelamaan menggerogoti gigi kita hingga berlubang, serem kan kedengarannya. Lebih serem lagi kalo ngalamin yang namanya sakit gigi, kalo ditanya lebih sakit mana sakit gigi atau sakit hati. Jawaban saya dua - duanya sama-sama sakit pokoknya, haha dan kalo disuruh milih mana sakit gigi apa sakit hati, saya gak milih dua - duanya pokoknya, yang namanya sakit yah pasti gak enak dong. Back to topic, yang namanya sakit gigi itu pasti sengsara deh, mau makan susah, gak bisa nyobain yang manis - manis seperti permen, coklat, es krim dan kawan - kawannya, semua itu adalah pantangan orang yang lagi sakit gigi, kalo dilanggar yahh tanggung sendiri akibatnya. Jadi bagi yang terlanjur giginya sudah berlubang saran saya segeralah mencabutnya, saya sudah mencoba segala obat, sakitnya hanya berhenti sementara dan cepat atau lambat sakitnya akan muncul lagi, maka saya putuskan untuk pergi ke dokter gigi dan tentunya karena usia sudah tidak memungkinkan lagi untuk tumbuhnya gigi baru maka saya merelakan gigi geraham saya dicabut dan tadaaaa gigi saya tidak pernah sakit lagi hingga detik ini, yahh walaupun ompong. Memang sekarang sudah banyak ditawarkan jasa tanam gigi, namun apa daya kondisi keuangan tidak memungkinkan, yahh biarkan saja lah lagian juga gak keliatan ompongnya hehe.
Nahh bagi yang giginya masih sehat - sehat aja, untuk menghindari gigi berlubang berikut tips merawat gigi:

Rajin Menggosok Gigi
Tips yang pertama tentunya adalah rajin menggosok gigi, yahh banyak yang masih meremehkan hal yang satu ini, memang efeknya tidak terasa langsung, namun dalam jangka panjang Anda akan merasakannya. Malas menggosok gigi menjadi faktor utama rusaknya gigi apalagi pada anak - anak. Kebanyakan akan menyesal jika sudah dewasa apalagi kalo udah sakit gigi. Makanya anak - anak harus diajarkan sejak dini untuk rajin menggosok gigi, dianjurkan untuk menggosok gigi minimal di pagi hari sesudah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. 

Kumur - Kumur dengan Obat Kumur Sehabis Gosok Gigi
Kumur - kumurlah dengan menggunakan obat kumur sehabis gosok gigi, manfaatnya untuk menghindari munculnya plak di gigi, mebersihkan sisa - sisa makanan yang masih menempel di gigi dan menyegarkan nafas, nah bagi yang memiliki masalah dengan bau mulut, mungkin dengan kumur - kumur menggunakan obat kumur dapat mengurangi bau mulut Anda. Obat kumur banyak dipasarkan di swalayan dan market - market seperti contohnya listerine dan merk lainnya, sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya, dan tentunya harganya juga terjangkau. 

Jangan Sering Mengonsumsi Makanan yang Bertekstur Keras
Tips selanjutnya hindari makanan yang bertekstur terlalu keras,seperti kerupuk yang bantet, snack / kacang - kacangan yang bertekstur keras,dll. Apabila Anda mengonsumsinya terus menerus hal ini dapat merusak lapisan gigi Anda sehingga lama kelaman gigi Anda dapat keropos. Untuk itu konsumsi lah dalam jumlah yang sewajarnya saja.

Kurangi Mengonsumsi yang Manis - Manis
Permen, gulali, coklat dan es krim , siapa sih yang dapat menolak makanan yang satu ini, dari mulai kalangan anak - anak hingga yang tua sekalipun pasti menyukainya. Bila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, makanan tadi dapat merusak gigi Anda karena kandungan gula dari makanan tadi dapat memicu bakteri di gigi Anda semakin parah.

Hindari Makanan yang Terlalu Dingin / Panas
Makanan yang terlalu dingin / panas juga tidak bagus bagi kesehatan gigi Anda, apalagi bila Anda merasakan ngilu bila mengonsumsi makanan yang terlalu dingin / panas itu tanda gigi Anda sensitif dan memerlukan perawatan khusus, seperti menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi yang sensitif.

Menghindari Makanan yang Asam - Asam
Makanan yang mengandung tingkat keasaman yang tinggi dapat menyebabkan gigi menjadi rusak. Oleh sebab itu sebaiknya kita tidak terlalu sering makan makanan yang sangat asam dan minum minuman yang tingkat keasamannya tinggi. Contoh makanan alami yang tingkat keasamannya tinggi dan memiliki dampak buruk bagi kesehatan gigi adalah zat asam yang ada pada jeruk lemon. Contoh makanan yang mengandung asam tinggi seperti kuah cuka pada empek-empek. Lama kelamaan makanan dan minuman asam dibiarkan berinteraksi dengan gigi manusia maka dikhawatirkan gigi akan cepat terkikis sehingga lapisan enamel gigi akan menipis dan akhirnya hilang.  Hilangnya lapisan enamel gigi bisa membuat gigi lebih sensitif dan lebih mudah bolong.



Posted by CB Blogger
Temukan Tips Updated at: 3:29 PM

3 comments:

  1. artikel yang menarik, eh daftar adsense dong...


    http://www.articleplong.web.id/

    ReplyDelete
  2. artikel yang menarik, eh daftar adsense dong...


    http://www.articleplong.web.id/

    ReplyDelete
  3. Kalau anak anak yang mengalami gigi berlubang sih mudah cukup saya kasih Pasta gigi anak Clean me saja.

    ReplyDelete