Laman

August 23, 2015

Cara Menjaga Kebersihan Kuku Tangan

Kuku tangan menjadi tempat dimana bakteri dapat berkembang apabila tidak kita jaga kebersihannya, biasanya cacing – cacing kecil masuk melalui kuku tangan yang kotor dan dapat menyebabkan penyakit cacingan.Apabila Anda tidak ingin terkena cacingan, jagalah kebersihan kuku tangan Anda mulai dari sekarang, hal ini mungkin sepele namun dapat berakibat fatal apabila tidak dijaga kebersihannya.



Rawat Kuku Tangan Anda dengan Baik
Bagi pria mungkin kuku tangan bukan hal yang penting , jadi sebaiknya apabila kuku sudah panjang potong lah dengan segera minimal seminggu sekali. Namun berbeda dengan kaum wanita, kuku termasuk hal yang wajib untuk diperindah, tidak jarang dari mereka rela membayar mahal untuk perawatan kuku mereka. Tetapi bagi yang tidak memiliki kocek yang cukup tebal tentunya merawat sendiri di rumah menjadi alternatif lain. Tidak banyak yang saya lakukan untuk merawat kuku tangan saya, yang penting rajin mencuci tangan dengan air bersih setelah memegang sesuatu yang kotor , memotong kuku apabila sudah panjang, namun bagi yang menyukai kuku panjang Anda harus ekstra telaten membersihkannya, Anda harus membersihkan kotoran yang menyangkut di kuku Anda mungkin dengan menggunakan alat pembersih kuku atau menggunakan benda tumpul kecil yang dapat menggapai kotoran di kuku Anda.


Hilangkan Kebiasaan Menggigit Kuku
Tidak semua orang memiliki kebiasaan menggigit kuku, namun bagi yang memiliki kebiasaan menggigit kuku, hilangkan kebiasaan itu mulai dari sekarang. Air liur kita memiliki jutaan bakteri ditambah dengan bakteri yang ada di kuku kita gak kebayang dong betapa kotornya. Karena itu biasanya anak – anak lebih sering terserang penyakit cacingan, dikarenakan kebiasaan mereka yang sering menggigit kuku.

Usahakan Tidak Makan Menggunakan Tangan Secara Langsung
Yapp, makan dengan menggunakan tangan (tangan yg berfungsi sebagai sendok) sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia apalagi kalo menu makannya nasi padang, tidak jarang saya pun menggunakan tangan secara langsung ketika makan nasi padang. Bila Anda memang memiliki kebiasaan makan dengan menggunakan tangan, usahakan sehabis makan cuci tangan dengan air bersih dan sabun sebersih mungkin, jangan sampai ada sisa makanan yang tersisa di kuku kita, agar sisa makanan yang tertinggal di kuku kita tidak berkembang menjadi bakteri. 

Gunakan Sarung Tangan Apabila Memegang Benda/Barang yang Kotor
Gunakan sarung tangan atau pelindung tangan apabila memang keadaan mengharuskan Anda  menggunakan tangan Anda untuk memegang benda/barang yang kotor . Seperti contoh ketika Anda sedang berkebun dan Anda harus mengambil tanah dengan menggunakan tangan Anda secara langsung, usahakan gunakan sarung tangan, agar sisa – sisa kotoran dari tanah tidak menempel di kuku Anda.

Hindari Memeras Kain Pel dengan menggunakan Tangan Secara Langsung
Bagi ibu rumah tangga tentunya memeras kain pel dengan menggunakan tangan secara langsung sudah biasa dilakukan, namun sebaiknya dihindari, gunakan ember yang memang dirancang memiliki wadah secara khusus untuk memeras kain pel. Namun bila Anda memang lebih menyukai memeras kain pel dengan tangan Anda sendiri, silahkan saja tapi sekali lagi ingat bilas tangan Anda dengan air bersih dan gunakan sabun pencuci tangan sehabis mengepel agar tidak ada bakteri yang tertinggal di kuku Anda dan tidak menimbulkan penyakit kutu air.

Posted by CB Blogger
Temukan Tips Updated at: 2:45 PM

1 comment: