Laman

August 24, 2015

Pilih Kuliah Atau Kerja ?

Untuk yang baru tamat dari SMA atau SMK tentu kalian bingung ingin melanjutkan ke jenjang kuliah atau fokus kerja, yapp saya akan berbagi pengalaman pribadi saya mengenai kuliah dan kerja. Saya lahir sebagai anak satu – satunya atau anak tunggal, tentu orang tua saya ingin yang terbaik buat saya, sebenarnya minat saya untuk kuliah sebelumnya tidak ada, namun dikarenakan orang tua menginginkan saya kuliah dan mendapatkan gelar sarjana, setelah dipikir – pikir saya anak satu-satunya juga, jadi saya harus membanggakan orang tua saya, maka sehabis tamat dari Sekolah Menengah Kejuruan dipastikan saya akan melanjutkan pendidikan saya di bangku kuliah. Jurusan Akuntansi menjadi pilihan saya, dan yahh saya sudah memasuki semester ke 3. Tentu kalian bertanya apakah saya berkerja dan jawabannya Yaa, saya kuliah sambil berkerja. Mulai dari kuliah semester pertama saya sudah mulai berkerja menjadi staff accounting di sebuah perusahaan. Jadi saya pilih dua – duanya,
Mengapa memilih kuliah sambil berkerja?
Hmmm, faktor pertama saya ingin berkerja yaitu mencari pengalaman kerja di bidang akuntansi tentunya, memang dari awal setelah memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke universitas saya sudah berpikir akan mengambil jadwal kuliah malam dan paginya saya berkerja . Bulan pertama setelah tamat dari sekolah kegiatan saya di rumah ya begitu – begitu aja tidak menghasilkan apa – apa. Maka saya memutuskan untuk melamar sebagai accounting di beberapa perusahaan dan saya diterima di salah satu perusahaan pada awal September tahun 2014 dan bertepatan dengan mulainya perkuliahan semester pertama.

Bagaimana saya kuliah sambil berkerja ?
Saya berkerja mulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore, dan kuliah malam mulai dari jam 6 sore hingga jam 9.30 malam. Lokasi perusahaan dan rumah saya tidak begitu jauh, jadi saya selalu menyempatkan diri untuk pulang ke rumah dulu dan kemudian berangkat ke tempat kuliah, jarak dari rumah saya ke tempat kuliah cukup jauh, butuh waktu 30 menit untuk saya tiba ditempat kuliah. Hari demi hari saya lewati dengan rutinitas yang begitu melelahkan dan yahh seperti yang bisa kita tebak saya jatuh sakit (baca juga Tubuh tetap fit di tengah kesibukan). Dan lama kelamaan saya mulai terbiasa dengan rutinitas yang saya jalani, dan yahh tentunya saya tidak akan pernah mengabaikan jadwal makan saya lagi. 

Bagaimana dengan tugas kuliah saya?
   Saya akan meluangkan waktu saya di hari minggu atau hari libur untuk mengerjakan tugas kuliah saya, usahakan jangan begadang di malam hari, selain tidak baik bagi kesehatan tentunya kita bisa telat bangun dan terlambat ke tempat kerja. 
   Peraturan di universitas saya mengharuskan setiap mahasiswa untuk mengerjakan tugas mandiri seperti menyusun makalah untuk tiap mata kuliah. Gak kebayang kan ngerjain semua tugas mata kuliah yang biasanya ada 6-8 jenis mata kuliah, nah biasanya apabila sudah ditentukan tugasnya, maka saya usahakan untuk mengerjakan tugas nya jauh – jauh hari sebelum deadline pengumpulan. Bila memang saya tidak sempat mengerjakannya atau lupa  dan ternyata deadline sudah dekat, biasanya saya kerjakan di tempat kerja, sebenarnya cara ini tidak dianjurkan karena melanggar peraturan perusahaan tentunya, tapi yahh apa boleh buat lagi namanya juga udah deadline. Tapi tentunya kita tidak boleh melupakan pekerjaan kita, jangan gara – gara tugas kuliah sementara kerjaan di perusahaan kita terabaikan.


Dan yahh semua itu Anda yang memutuskan ingin kuliah saja atau ingin berkerja saja , ataupun memilih kedua - duanya. Bila Anda memilih kuliah saja fokuslah dengan pendidikan yang Anda jalani, jangan sampai berhenti di tengah jalan, karena tidak hanya rugi materi tapi juga waktu Anda akan terbuang sia - sia tanpa ada hasil. Memang banyak yang memilih untuk berhenti kuliah setelah berkerja, untuk itu pikirlah sematang mungkin sebelum Anda memutuskan untuk kuliah. Dan bagi yang memilih kedua - duanya jaga selalu stamina tubuh Anda jangan sampai drop serta atur jadwal kegiatan kalian sebaik mungkin, tetap fokus, pantang menyerah dan sabar, pasti akan tiba saatnya Anda menyandang gelar sarjana tersebut. 
Posted by CB Blogger
Temukan Tips Updated at: 10:34 AM

No comments:

Post a Comment