Laman

August 25, 2015

Setelah tamat SMA/SMK , apa yang akan saya lakukan ?



Kuliah ?
Bagi tamatan Sekolah Menengah Kejuruan biasanya tidak terlalu sulit untuk memilih jurusan yang diminati karena pada dasarnya di sekolah menengah kejuruan sudah diberi gambaran mengenai bidang studi yang diminati, Namun berbeda halnya dengan tamatan Sekolah Menengah Atas, di Sekolah Menengah Atas ada dua pilihan jurusan IPS atau IPA dan kedua jurusan itu mempelajari hal – hal yang umum seperti geografi, ekonomi, sosiologi bagi jurusan IPS dan biologi, kimia, dll bagi jurusan IPA, ada bagusnya juga kita masuk SMA dapat memperluas pengetahuan umum kita, namun kebanyakan dari mereka bingung harus ngapain sehabis tamat, memang tidak semua sih. Kebanyakan dari mereka melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, biasanya yang jurusan IPS mengambil jurusan Manajemen atau Akuntansi, bagi yang IPA mungkin jurusan IT menjadi pilihan atau jurusan lainnya.
Kerja ?
Namun bagi yang tidak kuliah harus ngapain ? Kerja ? Perusahaan besar biasanya jarang ingin menerima seorang tamatan SMA untuk menjadi bagian accounting ataupun bagian keuangan dan lainnya, bukan berarti juga tamatan SMK gampang mencari pekerjaan, standar penerimaan kerja di sebuah perusahaan sekarang minimal tamatan S1. Namun bagi tamatan SMK tentunya ada sedikit kemudahan dikarenakan ketika menginjak semester ke 2 siswa SMK wajib mengikuti prakerin/PKL, bagi yang tidak tau prakerin/PKL itu apa, PKL merupakan kepanjangan dari Praktek Kerja Lapangan dimana siswa magang/berkerja di suatu perusahaan sesuai dengan jurusan yang ia pelajari, biasanya prakerin berlangsung hingga 4 bulan. Tentunya bagi tamatan SMK mereka sudah memiliki gambaran dan pengalaman bagaimana berkerja di sebuah instansi/perusahaan. Tetapi jika Anda memang memiliki kemampuan dan dedikasi yang dapat memenuhi syarat perusahaan, status Anda sebagai seorang tamatan SMA/SMK tidak lagi menjadi masalah. Namun sangat disarankan bila kondisi Anda memungkinkan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, do it. Baca juga Pilih Kerja atau Kuliah?

Buka Usaha Sendiri
Sehabis tamat dari SMA/SMK mungkin Anda ingin memulai buka usaha sendiri, di jaman yang canggih ini Anda dapat memulai bisnis secara online atau bisnis lainnya. Tidak ada salahnya Anda membuka usaha sendiri selama Anda memiliki kemauan yang keras dan pantang menyerah serta pandai dalam mengelola manjemen bisnis Anda pasti itu semua akan membuahkan hasil. Namun memang jarang yang berhasil, dikarenakan usia yang masih muda sehingga masih labil dalam mengambil keputusan dan mengelola uang yang didapat. Emosi yang belum stabil serta masih gampangnya terpengaruh oleh hal – hal yang negatif menjadi hambatan tersendiri dan menjadi faktor gagalnya bisnis yang dijalani.

Berkarir Sesuai Bakat & Talenta yang Anda Miliki
Bagi yang memang memiliki bakat dan talenta yang luar biasa, mungkin Anda dapat melanjutkan karir sesuai dengan bakat yang dimiliki, misalkan Anda pandai dan suka menyanyi kembangkan bakat menyanyi Anda hingga menjadi seorang penyanyi professional, bila passion Anda di olahraga berlatih lah hingga menjadi atlet professional dan dapat berkompetisi di kancah internasional.


Semua orang ingin sukses dibidangnya masing – masing tentunya. Jadi jangan pernah meremehkan usaha yang orang lakukan, karena Anda akan malu ketika mengetahui orang yang Anda remehkan tadi tau – tau sudah berada jauh diatas Anda.
Posted by CB Blogger
Temukan Tips Updated at: 3:10 PM

No comments:

Post a Comment