Laman

August 25, 2015

Cara Menghadapi Kerjaan yang Menumpuk

Kebanyakan dari kita memilih untuk membiarkan pekerjaan yang masih sedikit jumlahnya, biasanya kita selalu berpikir "ahhh nanti saja lah, kan cuma segitu", dan akhirnya dibiarkan lama kelamaan kerjaan itu pun menumpuk. Bila sudah menumpuk barulah kita sibuk mengerjakannya, dan akibatnya tidak hanya kita kelabakan dalam mengerjakannya, stress pun menghampiri dan tentu tidak baik bagi kesehatan kita. Untuk itu mulai sekarang kurangi kebiasaan menunda pekerjaan, apabila kita diberikan tugas langsung dikerjakan jangan ditunda - tunda lagi. Dan apabila pekerjaan sudah terlanjur menumpuk, bagaimana cara mengatasinya? berikut tipsnya,
Fokus dan Membuat Prioritas Pekerjaan
Yang pertama yaitu kita harus fokus mengerjakan kerjaan yang menumpuk, bila perlu buatlah jadwal dan target pekerjaan mana dulu yang harus dikerjakan dan harus selesai dalam waktu berapa lama, urutkan berdasarkan prioritas mana yang lebih urgent atau darurat. Dan ingat selalu fokus, agar pekerjaan yang dikerjakan tidak asal – asalan. Bila pikiran mulai tidak fokus istirahatlah terlebih dahulu secukupnya saja.

Jangan Terlalu Terburu – buru
Bukan berarti kita bisa menunda – nunda pekerjaan, karena itu akan membuat keadaan semakin kacau. Ketelitian sangat diperlukan agar hasilnya pun memuaskan, jangan asal cepat siap saja tapi hasilnya malah amburadul. Atur waktu kerja dengan baik, dan ingat jangan sampai kita lupa jadwal makan kita, karena kita tidak mau pekerjaan kita menumpuk lebih banyak lagi gara – gara kita sakit.

Pecahkan Masalah yang Ada Secepat Mungkin
Apabila di pertengahan pekerjaan kita menemukan masalah usahakan secepat mungkin diselesaikan, bila situasi tidak memungkinkan masalah untuk dipecahkan dengan cepat, jangan menunggu terlalu lama. Buat catatan kecil mengenai pokok permasalahannnya di buku Anda atau gunakan sticky note dan tempelkan di meja kerja/komputer Anda, pokoknya di tempat – tempat yang paling sering Anda lihat, selanjutnya Anda dapat mengerjakan pekerjaan berikutnya.

Jangan Sembarangan Melemparkan Pekerjaan ke Orang lain
Bila Anda memang membutuhkan bantuan dari orang lain jangan sembarang melemparkan pekerjaan ke orang lain dan langsung lepas tangan terhadap pekerjaan tersebut, pilihlah orang yang memang benar – benar kompeten dalam mengerjakan pekerjaan tersebut atau ajarkan mereka secara bertahap step by step dan tetap pantau hasil pekerjaan mereka.

Periksa Kembali Pekerjaan yang Dikerjakan Setelah Semuanya Sudah Selesai

Cara yang satu ini mungkin opsional, namun bila Anda ingin meminimalisir kesalahan yang Anda kerjakan cara satu ini perlu dilakukan. Setelah selesai mengerjakan semua pekerjaan yang menumpuk tadi atau Anda memiliki waktu senggang, periksa kembali pekerjaan yang Anda kerjakan cek apakah pekerjaan yang Anda kerjakan sudah benar atau perlu dilakukan revisi.
Posted by CB Blogger
Temukan Tips Updated at: 10:54 AM

No comments:

Post a Comment