Kebanyakan dari kita memilih untuk membiarkan pekerjaan yang masih sedikit jumlahnya, biasanya kita selalu berpikir "ahhh nanti saja lah, kan cuma segitu", dan akhirnya dibiarkan lama kelamaan kerjaan itu pun menumpuk. Bila sudah menumpuk barulah kita sibuk mengerjakannya, dan akibatnya tidak hanya kita kelabakan dalam mengerjakannya, stress pun menghampiri dan tentu tidak baik bagi kesehatan kita. Untuk itu mulai sekarang kurangi kebiasaan menunda pekerjaan, apabila kita diberikan tugas langsung dikerjakan jangan ditunda - tunda lagi. Dan apabila pekerjaan sudah terlanjur menumpuk, bagaimana cara mengatasinya? berikut tipsnya,
Yang pertama yaitu
kita harus fokus mengerjakan kerjaan yang menumpuk, bila perlu buatlah jadwal
dan target pekerjaan mana dulu yang harus dikerjakan dan harus selesai dalam
waktu berapa lama, urutkan berdasarkan prioritas mana yang lebih urgent atau
darurat. Dan ingat selalu fokus, agar pekerjaan yang dikerjakan tidak asal –
asalan. Bila pikiran mulai tidak fokus istirahatlah terlebih dahulu secukupnya
saja.
Jangan Terlalu
Terburu – buru
Bukan berarti kita
bisa menunda – nunda pekerjaan, karena itu akan membuat keadaan semakin kacau. Ketelitian
sangat diperlukan agar hasilnya pun memuaskan, jangan asal cepat siap saja tapi
hasilnya malah amburadul. Atur waktu kerja dengan baik, dan ingat jangan sampai
kita lupa jadwal makan kita, karena kita tidak mau pekerjaan kita menumpuk
lebih banyak lagi gara – gara kita sakit.
Pecahkan Masalah
yang Ada Secepat Mungkin
Apabila di
pertengahan pekerjaan kita menemukan masalah usahakan secepat mungkin
diselesaikan, bila situasi tidak memungkinkan masalah untuk dipecahkan dengan
cepat, jangan menunggu terlalu lama. Buat catatan kecil mengenai pokok permasalahannnya
di buku Anda atau gunakan sticky note dan tempelkan di meja kerja/komputer
Anda, pokoknya di tempat – tempat yang paling sering Anda lihat, selanjutnya
Anda dapat mengerjakan pekerjaan berikutnya.
Jangan Sembarangan
Melemparkan Pekerjaan ke Orang lain
Bila Anda memang
membutuhkan bantuan dari orang lain jangan sembarang melemparkan pekerjaan ke
orang lain dan langsung lepas tangan terhadap pekerjaan tersebut, pilihlah
orang yang memang benar – benar kompeten dalam mengerjakan pekerjaan tersebut atau
ajarkan mereka secara bertahap step by step dan tetap pantau hasil pekerjaan
mereka.
Periksa Kembali
Pekerjaan yang Dikerjakan Setelah Semuanya Sudah Selesai
Cara yang satu ini
mungkin opsional, namun bila Anda ingin meminimalisir kesalahan yang Anda
kerjakan cara satu ini perlu dilakukan. Setelah selesai mengerjakan semua
pekerjaan yang menumpuk tadi atau Anda memiliki waktu senggang, periksa kembali
pekerjaan yang Anda kerjakan cek apakah pekerjaan yang Anda kerjakan sudah
benar atau perlu dilakukan revisi.
No comments:
Post a Comment