Laman

August 22, 2015

Menghilangkan Rasa Ngantuk di Tempat Kerja

Ketika sedang berkerja tentu kita semua pasti pernah mengalami rasa ngantuk yang luar biasa, hal ini menjadi masalah besar bagi karyawan - karyawan kantoran, dimana biasanya selalu diawasi oleh supervisor ataupun ketika boss berada di tempat. Bila tidak ada supervisor atau ketika boss tidak lagi ditempat biasanya selalu ada CCTV yang selalu mengawasi. Kebayang kan kalau kita ketahuan ketiduran dikantor, mungkin sanksi nya memang tidak terlalu berat tetapi kita bisa di cap sebagai karyawan dengan kinerja kerja yang kurang. Nah, berikut solusi untuk menghilangkan rasa kantuk di tempat kerja.

Mendengarkan Musik
Ketika kita berkerja, apalagi yang kerja kantoran tentu bosan dong duduk terus di depan komputer selama 7-8 jam. Cahaya komputer dapat membuat mata kita lelah, dan duduk di depan komputer selama 7-8 jam tentunya dapat menimbulkan rasa ngantuk, apalagi ditambah dengan suasana yang sunyi di kantor, untuk itu mendengarkan musik dapat mencegah rasa ngantuk kita, memutar lagu dengan tempo yang cepat misalnya akan memacu semangat kita dalam berkerja.

Konsumsi Kopi atau Permen yang Asam
Mengonsumsi permen yang asem-asem dapat membuat mata kita melek, jadi sementara rasa ngantuk pun hilang. Kopi sudah terbukti sejak dulu dapat menghilangkan rasa ngantuk, namun bila terlalu sering mengonsumsi juga dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti insomnia. Jadi konsumsi secukupnya saja.



Tidur Lebih Awal
Penyebab utama timbulnya rasa ngantuk ketika berkerja dikarenakan kita tidak cukup tidur dimalam hari, untuk itu bila tidak ingin ngantuk di tempat kerja, usahakan untuk tidur lebih cepat di malam hari dan jangan begadang.

Jangan Duduk Terus , Bergerak lah sesekali
Maksudnya bila kita duduk di satu tempat lama kelamaan akan  bosan tentunya (baca juga tips menghilangkan kebosanan), biasanya rasa ngantuk pun akan muncul berbarengan dengan kebosanan, bergerak atau berjalan lah sesekali agar rasa ngantuk tersebut hilang. Apabila rasa ngantuk tersebut sudah hilang Anda dapat kembali melanjutkan pekerjaan Anda.

Perbanyak Minum Air Putih
Mengonsumsi air putih sangat baik bagi kesehatan tubuh apalagi buat yang kerja kantoran yang biasanya duduk selama 7-8 jam di depan komputer, tentunya mengonsumsi air putih sangat penting selain dapat menghilangkan dehidrasi juga dapat membuat kita lebih fokus ke pekerjaan. Selain itu juga apabila kita mengonsumsi air putih tentu kita akan ke toilet sesekali untuk membuang air kecil, otomatis tubuh kita bergerak seperti cara yang dianjurkan sebelumnya jangan duduk terus, usahakan bergerak sesekali dalam arti menggerakan seluruh tubuh kita.

Mengunyah Permen Karet
Permen karet dipercaya dapat menghilangkan kantuk. Hal tersebut bukan karena kandungan permen karet melainkan karena aktivitas mengunyah permen karet itu sendiri. Saat mengunyah, otot rahang dan mulut kita akan berfungsi dan membuat kita lebih terjaga.
Posted by CB Blogger
Temukan Tips Updated at: 2:53 PM

1 comment:

  1. hahaha kalo saya paling ngobrol sambil bercanda nggak sampai jailin :D

    ReplyDelete