Laman

August 22, 2015

5 Cara Agar Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Tidur merupakan bagian dari kehidupan manusia, selain dapat mengistirahatkan seluruh anggota tubuh kita sehabis beraktivitas seharian, tidur juga dapat menentukan kualitas kesehatan kita.
Riset membuktikan bahwa orang yang sering begadang atau kurang tidur sangat rentan terkena penyakit jantung, untuk itu kita harus meningkatkan kualitas tidur kita agar kesehatan tubuh kita pun tetap terjaga. Kebutuhan tidur pada usia tertentu berbeda-beda
  • Bayi baru lahir usia (0-3 bulan) durasi tidur 14 – 17 per harinya
  • Bayi usia (4-11 bulan) durasi tidur ditambah menjadi 12 – 15 jam setiap harinya
  • Balita usia (1 – 2 tahun) durasi tidur 11 – 14 jam per hari
  • Balita usia (3 – 5 tahun) durasi tidur 10-13 jam per hari
  • Anak – anak usia 6 – 13 tahun durasi tidur 9 – 11 jam per hari
  • Remaja usia (14 – 17 tahun) durasi tidur 8 – 10 jam per hari
  • Remaja menuju Dewasa (18 – 25 tahun) durasi tidur 7 – 9 jam per hari
  • Orang Dewasa (26 – 64 tahun) durasi tidur 7 – 9 jam per hari
  • Orang Lanjut Usia (umur 65 tahun lebih) durasi tidur 7 – 8 jam per hari

Ketika tubuh kurang tidur meskipun hanya satu malam, maka hormon dalam tubuh akan terganggu diantaranya hormon yang mengatur fungsi nafsu makan dan berujung pada sakit. Untuk itu berikut cara agar memperoleh tidur yang berkualitas

Pastikan Kamar dan Kasur Anda Bersih
Kamar dan tempat tidur yang bersih mempunyai andil dalam menciptakan tidur yang berkualitas, bila kamar dan tempat tidur dalam keadaan yang bersih dan nyaman tentu kita akan tidur dengan nyenyak, dan pastikan Anda sudah menyemprotkan pembasmi nyamuk 3 jam sebelum Anda tidur, tentunya Anda risih dong ketika nyamuk berdengung di telinga Anda. 

Mengatur Tingkat Suhu Pendingin Ruangan
Bagi yang tidur menggunakan AC tentunya terkadang di tengah malam kita baru merasakan AC kita terlalu dingin, ataupun tidak dingin sama sekali, untuk itu sebelum tidur pastikan suhu dikamar Anda berada pada suhu yang sedang sedang saja tidak terlalu dingin atau tidak terlalu panas. Karena saya punya pengalaman terbangun dari tidur saya gara-gara AC yang terlalu dingin, jadi saya terpaksa bangun dan mengambil remote AC dengan keadaan setengah sadar. Tentunya menjengkelkan sekali bukan

Mematikan Lampu Kamar
Tidak semua orang tidur dalam keadaan lampu kamar tertutup, saya sendiri tidur dengan lampu menyala, namun saya bisa tidur dalam dua kondisi dimana lampu tertutup ataupun nyala, bagi saya itu tidak berpengaruh ketika saya akan tidur, namun ada sebagian orang yang tidak bisa tidur dalam keadaan gelap atau ada yang tidak bisa tidur dengan keadaan lampu menyala, nahh solusinya mungkin bagi yang tidak bisa tidur dengan keadaan gelap mungkin bisa memasang lampu tidur, jadi kamar tidak terlalu terang oleh lampu utama namun tidak terlalu gelap juga karena udah ada lampu tidur.


Buang Air Kecil Sebelum Tidur
Usahakan buang air kecil terlebih dahulu sebelum tidur karena kita tidak ingin ketika sudah tidur nyenyak terus muncul hasrat ingin buang air kecil, bila ditahan dapat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti mengompol di kasur, dan bila tidak mau mengompol di kasur tentunya kita terpaksa harus bangun dong dari tempat tidur dan segera pergi ke WC, dan mungkin ini tidak bermasalah bagi yang tidak memiliki insomnia, bagi penderita insomnia mungkin sulit bagi mereka untuk tidur lagi jika sudah terbangun.

Jangan Nonton Film Horror Sebelum Tidur
Mungkin ini terdengar lucu, memang tidak semua orang takut dengan hal – hal seperti itu, namun saya memiliki pengalaman tidak bisa tidur sehabis menonton film horror, sehabis nonton film horror saya tidur sekitar jam 11 malam namun saya tidak bisa tidur hingga jam 3 subuh gara-gara kebayang film horror itu. Sejak saat itu saya jarang menonton film horror lagi, apabila ingin menonton mungkin nonton di siang hari dapat menjadi alternatif. Namun bagi yang orang yang tidak takut terhadap hal itu, tidak ada salahnya menonton film horror di malam hari, mungkin malah lebih seru.
Posted by CB Blogger
Temukan Tips Updated at: 11:38 PM

No comments:

Post a Comment